Feb 26, 2009

Intel Atom

Mungkin salah satu prosesor keluaran Intel yang mereka sebut dengan Intel Atom bukan sebuah teknologi baru lagi, tetapi memang saya baru bisa menikmati teknologi tersebut. Beberapa sumber menyebutkan bahwa intel Atom adalah microprosesor (tetapi ada yang menyebut SoC) terkecil di dunia (wahhh sorry gak bisa kasih link tapi di wikipedia ada). Intel Atom saat ini memang dikeluarkan dalam 2 versi yang saya tahu perbedaanya ada pada banyak chip yang ditanamkan pada keping microprosesor tersebut.
Kemarin pas jalan-jalan ke mangga dua mall memang sudah banyak toko yang memajang laptop dari beberapa vendor besar yang membawakan teknologi Intel Atom, dan saya rasa harganya cukup bisa bersaing bila dibanding dengan PDA Phone. Kok saya setarakan dengan PDA Phone, karena pada kenyataanya ada beberapa merek yang ditawarkan yang memang besarnya paling hanya 2 kali besar PDA Phone (mungkin sekitar 2 kali telapak tangan rata-rata orang indonesia). Tentunya dengan ukuran sebegitu kecil Intel Atom telah membawa teknologi sekelas pentium 4, dengan harga yang bisa dikatakan sangat murah. Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan baru bagi para pembuat gadget seperti SmartPhone atau PDA Phone untuk lebih mempercanggih feature dan juga menurunkan harga tentunya.
Kebetulan saya mempunyai kesempatan untuk menjajal salah satu board yang membawa teknologi Intel Atom. Board tersebut menggunakan Intel Atom 1,6GHz single core. Saya sandingkan dengan RAM DDR2 1GB dan CF Card 1 GB sebagai system storage-nya. Intinya saya sudah mencoba menginstall Windows XPembedded pada board tersebut, dan hasilnya????? saya cukup dibuat terkaget-kaget dengan kecepatan sistem tersebut. Bagi anda yang tidak mudeng dengan Windows XPembedded tidak usah khawatir, karena pada dasarnya board dengan teknologi Intel Atom sanggup di jejali Windows XP Profesional maupun Windows Vista (dari pengalaman di mangga dua rata-rata menggunakan windows vista home bussines).
Dan berita baiknya nich..... sebagian besar dari board yang mengusung teknologi Intel Atom telah distandarisasi dengan MiniITX sehingga ukurannya sangat kecil yaitu sekitar 17X17cm, dan saya sudah ngukur board tersebut bisa masuk ke dasboard mobil Daihatsu Xenia, tentunya dengan kelebihan beberapa ruang untuk mungkin CD-Rom atau periperal lain.


Anonymous said...

pak kalau casing buat Intel Atom sampai berapa ya?, terus performansi gimana dipasang Windows XP / Vista apa gak lelet..

-Salam

Blogehendrawan Reader..

NR Technology said...

Anonim -> kalau yang saya tahu itu ada yang jual, cuman di luar negeri jee...... Mungkin sekitar 600ribu dan untuk power supply DC to DC 12Volt itu juga sekitar 300ribu (untuk car PC).
Trus masalah lelet apa gak, aku juga blom coba, tapi yang udah saya coba di mangga dua mall dengan windows XP pro, performance bagus juga sihh klo hanya untuk multi media.
Klo saya power supply diakalin make power supply CPU biasa trus ditambah conventer dari DC 12Volt to AC 220Volt

Anonymous said...

di mangga dua mall beli motherboard inetl atom dan ya, cf to ide/sata belinya dimana

NR Technology said...

Anonim -> Kalau board dan CF-nya di Harco Mangga Dua banyak. Cuman kalau sata to IDE aku dulu nemu di kompleks depan Harco aku lupa alamatnya. Tapi Bhineka kayaknya jualan, check http://www.bhinneka.com/products/sku00007072/oem_sata_to_ide.aspx

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search